Lewat Acara Hajj Run dan Fun Walk, BPKH Bakal Edukasi Masyarakat Pentingnya Menabung Haji Sejak Dini

linfo.id, JAKARTA – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bakal menyelenggarakan “BPKH Hajj Run dan Fun Walk” yang akan dilaksanakan di Taman Wisata Tanjung Mutiara, Jorong Mutiara, Nagari Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan acara tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 28/10/2023 bersamaan dengan hari sumpah pemuda Indonesia.

“Kegiatan Hajj Run dan Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan haji muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda,” kata Harry Alexander melalui aplikasi zoom pada Selasa, (24/10).

Dia mengatakan, untuk fun walk peserta akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilo meter, dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan berakhir di Rumah Makan Danau Indah.

Baca Juga  Jaga Stabilitas, Pertamina Monitor BBM dan LPG Jelang Pemilu di Jawa Tengah dan DIY

Sedangkan fun run, peserta akan menempuh jarak lima kilo meter dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di Prasasti Ombilin.

Untuk peserta lari dan jalan santai tersebut akan diikuti oleh para pelajar dan pelaksana lembaga pendidikan di Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Batusangkar, Solok, Bukittinggi dan Kota Padang.

“Untuk peserta lainnya berasal dari nasabah dari sejumlah bank termasuk mitra BPKH, serta komunitas pelari dan undangan khusus serta masyarakat,” kata dia.

Harry mengatakan, bahwa BPKH Hajj run dan fun walk tersebut juga merupakan kegiatan yang sangat positif terutama untuk membentuk jiwa dan raga yang sehat.

Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara online dengan meng-klik tautan: https://www.ticket2u.id/event/33037

Baca Juga  BPKH Gandeng BRI Distribusikan Uang Saku Jamaah Haji Rp665 Miliar

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus upaya BPKH untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya untuk memulai menabung haji sejak dini agar bisa menunaikan ibadah haji di usia muda.

Apalagi, kata dia saat ini ada usulan agar pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang akan lebih fokus pada Istithaah kesehatan jamaah haji mendahului pelunasan.

“Artinya, sebelum pelunasan biaya haji, calon jamaah haji harus lolos kriteria istithaah kesehatan. Hal ini sangat penting dan krusial bagi jamaah haji, terutama jamaah haji Indonesia yang sebagian besar telah berusia lanjut,” kata dia.

Panitia Pelaksana BPKH Hajj Run dan Fun Walk Rizky Ardiansyah, menjelaskan bahwa event tersebut terdiri dari dua kriteria peserta.

Pertama, peserta yang memiliki porsi haji bisa mendaftar secara gratis, cukup dengan mencantumkan nomor registrasi haji dan KTP, dan peserta tersebut akan memperoleh racepack.

Baca Juga  Program Balik Kerja Bareng Resmi Diberangkatkan, BPKH Lepas 940 Pemudik DIY untuk Balik Kerja ke Jabodetabek

Kedua, bagi peserta yang tidak memiliki porsi haji, jika memiliki kode undangan, dia bisa mendaftar secara gratis dan akan memperoleh racekit.

“Namun, bagi yang tidak memiliki kode undangan akan dikenakan biaya pendaftaran dan tetap memperoleh racekit,” jelas dia.

Dia juga mengatakan, bagi masyarakat yang ikut BPKH Hajj Run dan Fun Walk berkesempatan memperoleh doorprize yang menarik.

“Mulai dari paket umroh, handphone, sport brand, smart watch hingga sepeda gunung dan logam mulia. Disisi lainya peserta juga bisa menikmati wisata kuliner yang akan disajikan oleh para pelaku UMKM di Tanah Datar,” ujarnya.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *