Politikus PKB Neng Eem Ingatkan PBNU: Fokus Saja Pada Urusan Umat!

Linfo.id, JAKARTA – Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menilai dinamika yang terjadi antara PKB dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebenarnya dapat dihindari, andai saja para elit PBNU menjalankan tugas sesuai fungsi mereka sebagai organisasi masyarakat.

Menurut dia, PBNU seharusnya fokus pada isu-isu keagamaan dan kebangsaan.

“Ada tanggung jawab moral yang lebih besar bagi PBNU untuk menjaga keumatan. Bukan malah menceburkan diri ke ranah politik praktis,” katanya.

Neng Eem, yang juga merupakan Sekretaris Fraksi PKB di MPR dan pengurus PCNU Kabupaten Cianjur, mengakui ada keterkaitan kultural antara NU dan PKB. Tapi secara struktural keduanya jelas terpisah.

Baca Juga  Kobarkan Pemilu Damai, Ribuan Massa Gerakan Jaga Jakarta - Jaga Indonesia

“Sebagai orang NU kultural dan struktural, saya paham bahwa PKB berdiri sendiri secara organisasi. Dasar hukum PKB mengacu pada UU Partai Politik No. 2 Tahun 2011,” ungkapnya.

Secara struktural, lanjut dia, juga tidak ada kaitan formal antara PBNU dan PKB.

“Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PBNU, tidak ada satu kata pun tentang PKB. Begitu juga sebaliknya, dalam AD/ART PKB tidak ada pasal-pasal yang membahas struktur PBNU,” tegas Neng Eem.

Meski sudah jelas tidak memiliki hubungan secara organisasi, Neng Eem heran dengan sikap PBNU yang kerap mempersoalkan arah politik PKB.

“Dan itu terjadi tiap menjelang pemilu,” sesal dia.

Walaupun tak nyaman dengan memanasnya tensi PKB-PBNU, Neng Eem meyakini ada hikmah di tiap peristiwa.

Baca Juga  Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2024 Digelar di Jakarta, Perkuat Standardisasi untuk Indonesia Emas 2045

“Anggap ini jamu, memang pahit tapi bisa menyembuhkan, membuat PKB lebih kokoh dan makin tangguh,” harapnya.

Menyinggung kemungkinan peran penguasa dibalik kisruh ini, Neng Eem enggan berspekulasi.

“Tapi memang banyak pengamat melihat seperti itu. Yang jelas PKB dirugikan oleh situasi ini, kalau yang diuntungkan siapa? tebak saja sendiri,” tukasnya.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *