Pemantapan Nilai Kebangsaan di Lemhannas, AHY: Kita Harus Jaga Kedaulatan dan Tanggung Jawab Global

Linfo.id, JAKARTA- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang berlangsung dari 22 hingga 28 Juli di Gedung Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta.

AHY menilai pelatihan ini penting untuk membangun rasa tanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ketahanan nasional.

“Saya bahagia dan bangga bisa secara langsung hadir di Lemhannas. Kita harus menjadi warga, bangsa yang bisa tetap menjaga kedaulatannya tapi juga bertanggung jawab pada isu-isu dunia, termasuk ekonomi, politik, sosial, demokrasi, dan lain sebagainya,” ujar AHY saat menjadi narasumber pada Kamis (25/07/2024).

Menteri AHY menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia dengan menciptakan berbagai perwujudan, di antaranya Indonesia yang aman dan damai, adil dan sejahtera, serta maju dan mendunia.

Baca Juga  Menteri ATR/BPN Tegaskan Kepastian Hukum Hak Atas Tanah Penting untuk Investasi Asing di IKN

Dalam kesempatan tersebut, AHY mengajak para peserta menjadi motor penggerak dalam menyiapkan strategi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kita berharap tidak hanya menjadi cita-cita atau mimpi saja, namun benar-benar terwujud karena kita punya modal yang kuat, termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia yang secara kuantitatif besar,” tegasnya.

Materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini meliputi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa: Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Tujuan utamanya adalah agar peserta mampu mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam pola pikir, sikap, dan tindakan sehari-hari, membentuk kepribadian masyarakat Indonesia.

Selain AHY, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengisi sesi pemaparan materi. Agenda pelatihan meliputi pembinaan, diskusi antar kelompok, literasi digital, serta pembangunan karakter bangsa melalui Revolusi Mental. Harapannya, pelatihan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan kesadaran peserta untuk memperkuat ketahanan nasional sebagai upaya menjaga keutuhan serta keamanan negara.

Baca Juga  Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 Resmi Diluncurkan, Menteri AHY Harap Bisa Dorong Investasi dan Kepastian Hukum

Hadir mendampingi Menteri AHY dalam kegiatan ini, Staf Khusus Bidang Manajemen Internal, Agust Jovan Latuconsina; Tenaga Ahli Bidang Kerja Sama Lembaga, Widanardi Satryatomo; dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Harison Mocodompis. Turut hadir, Plt. Gubernur Lemhannas, Eko Margiyono; Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas, Rido Hermawan; dan sejumlah Pengurus Pusat IA-ITB.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *