ANRI Apresiasi Kementerian ATR/BPN dalam Pelestarian Arsip Statis

Linfo.id, JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas kontribusinya dalam penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna untuk pertanggungjawaban nasional. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto, kepada Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana, pada Senin (29/07/2024).

“Kita semua terus berpikir ke depan bagaimana upaya arsip pertanahan terus diselesaikan. Mulai dari Pak Menteri AHY, Pak Ketut Kepala Pusdatin, bahkan hingga Pak Imam yang studi ke beberapa tempat untuk mengetahui bagaimana arsip pertanahan harus dikelola, termasuk digitalisasi,” ujar Suyus Windayana dalam Webinar Kearsipan bertajuk “Mewujudkan Kelestarian Arsip Statis sebagai Memori Kolektif Bangsa” yang dilakukan daring dan luring di Kementerian ATR/BPN, Jakarta.

Baca Juga  Kementerian ATR/BPN Dukung Penyelamatan Aset Korporasi IFG Life

Sekjen Kementerian ATR/BPN menekankan bahwa kementerian terus berupaya meningkatkan pengelolaan arsip-arsip pertanahan.

Kepala ANRI, Imam Gunarto, mengungkapkan bahwa selama bekerja sama dengan Kementerian ATR/BPN, sudah banyak peningkatan dalam sistem pengelolaan arsip pertanahan.

“Dinamika perkembangan BPN sejak 1998 bahkan hingga saat penanganan Covid-19 juga ada, tentunya ini untuk pembelajaran terkait pandemi di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Ia mengimbau agar Kementerian ATR/BPN fokus tidak hanya pada arsip administratif tetapi juga pada arsip substantif terkait pertanahan.

“Hendaknya ada fokus sumber daya terhadap pengelolaan arsip substantif tersebut, baik itu sumber daya manusia, peralatan, dan sistem. Semoga dengan kerja sama ini, kami mengharap pengelolaan tanah di negara kita bisa menjadi lebih baik,” tutur Kepala ANRI.

Baca Juga  Pengesahan UU Pilkada Ditunda, Demonstran Tetap Kepung DPR

Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan, Awaludin, dalam laporannya menyebut bahwa pada kesempatan ini akan diserahkan arsip statis dari Kementerian ATR/BPN kepada ANRI sebagai upaya mewujudkan tertib penyelenggaraan arsip dinamis dan terselamatkannya arsip statis.

“Kami juga menyerahkan arsip Covid-19, jadi ini arsip pelayanan pertanahan selama Covid. Selain itu, kami juga menyerahkan arsip statis yang lain sebanyak 45 arsip,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada Unit Kearsipan dan Unit Pengolah Terbaik serta Penghargaan Arsiparis Terbaik di lingkungan internal Kementerian ATR/BPN. Acara ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Kementerian ATR/BPN serta jajaran dari ANRI.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *